Lineage OS 13 Untuk Smartfren Andromax A


Assalamualaikum wr.wb
Lineage OS adalah nama OS yang pastinya tidak asing dalam dunia modifikasi OS Android. Lineage OS adalah nama baru dari Cyanogen OS yang sudah tutup beberapa tahun yang lalu. Lineage pertama kali di perkenalan adalah berbasis Marshmallow yang mungkin banyak dikira sama dengan CM13. Ternyata Lineage OS 13 dan CM13 memiliki beberapa berpedaan pada beberapa bagiannya.
   Saat pertama kali berada di setup wizard akan muncul tampilan yang sangat berbeda dengan CM13 yaitu tampilan layar dengan density yang cukup kecil. Layout dan progress bar pada Lineage pun sudah mirip dengan Layout dan progress bar milik Nougat dan Oreo. Ada pula yang kini terdapat pilihan untuk menampilkan cuaca pada lockscreen serta membuat wallpaper pada lockscreen blur mengikuti layar aplikasi terakhir. Maksudnya jika terakhir kita berada pada homescreen maka background lockscreen adalah gambar serta icon dan widget homescreen yang di blur atau jika terakhir berada pada aplikasi tertentu background yang di blur adalah kondisi layar terakhir sebelum dikunci layar.
   Aplikasi cuaca kini tidak include dalam paket ROM namun harus mengunduh dan memasang secara manual layanan cuacanya yang dapat dipilih dari OpenWeather, YahooWeather, dll. Untuk Andromax A ini adalah ROM berbasis AOSP/CM yang tidak mengalami bootloop saat menginstal aplikasi penyebab bootloop yang biasa terjadi saat di Xplore versi terbaru ternyata tetap berjalan dengan baik, berbeda dengan base CM yang hanya aman pada Xplore versi 3.95.
   Lineage ini membawa thermal-engine yang sangat agressive mengatur CPU frequensi. Saat dicoba untuk bermain PES2018 terasa sangat berat. Ternyata CPU frequensi tiba - tiba terkunci pada frequensi 553MHz. Padahal saat pekerjaan ringat frequensinya balik lagi di 1092MHz. Mungkin algoritma dari scheduller i/o ROM ini memang didesain untuk menjaga agar suhu CPU tetap dingin sehingga saat mengerjakan pekerjaan berat malah frequensinya diturunkan. Karena memang kondisi CPU selalu dingin saat di lihat dari Kernel Adiutor.
 


Cara Instal :
- Masuk TWRP
- Ritual 3W. Wipe Data, Cache, Dalvic Cache
- Ritual Reboot Recovery (Optional)
- Instal ROM
- Instal FIX
- Instal GApps
- Instal Xposed (Optional)
- Reboot
- Instal Fix Torch Toggle Hanya jika Torch Toggle tidak muncul

   ROM ini tidak mengalami random reboot seperti kebanyakan ROM dengan base Marshmallow di Andromax A. Untuk bermain game agar tidak berat bisa diatasi dengan cara mengganti thermal-engine yang sudah disediakan diatas. ROM ini sangat direkomendasikan bagi yang suka dengan tampilan sederhana AOSP. 

Cara Ganti thermal-engine
- Buka Root Explorer atau AROMAFILE Manager (lewat TWRP)
- Copy thermal-engine
- Paste & Replace di System/Vendor/Bin/Disini
- Ubah Permission jadi R-W-R-R
- Reboot

Source :

cararoot.com 

Komentar

  1. ini buat gaming udah lancar jaya kh mastah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau gaming ganti thermal-engine dengan yang udah ada diatas, game yang udah dicoba PES18(Online), CarXDrift , DeadTrigger(Set High), MineCraft (Online)

      Hapus
  2. masih bingung mastah... cara ganti thermal-engine nya?!
    maksudnya lewat TWRP g.mna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah paham file manager TWRP, kalau belum paham apakai saja rootex

      Hapus

Posting Komentar