Mencoba Mengenal Bom Panci Agar Tak Dibodohi Lagi



Assalamualaikum
Post ini dibuat sebagai respon banyaknya post yang menyudutkan kepolisian karena mengatakan bahwa bom panci ini berdaya ledak radius 300meter.

Bom Panci ini adalah perangkat peledak hasil improvisasi (Improvised Explosive Device) yang dibuat dengan memasukkan bahan peledak ke dalam panci presto dan menambahkan caping peledakan (Blasting Cap) ke sampul panci.
Bom Panci ini relatif gampang dibuat kecuali bahan peledaknya, sebagian besar bahan yang dibutuhkan dapat dengan mudah didapat. Bom ini dapat dipicu dengan perangkat elektrik sederhana seperti jam digital, ponsel, timer atau yang lainnya. Kekuatannya jelas ditentukan pada ukuran Panci, jumlah serta isi bahan peledak yang digunakan.

Dengan bahan peledak rendah Bom Panci ini dapat menimbulkan ledakan relatif besar dan menghentakkan atau menyebarkan fragment(paku, gotri atau benda lain) yang sangat berpotensi mematikan. Bom Panci ini sudah digunakan sejak 2006 atau mungkin sebelumnya namun tak terekam kabar. Pada 2006 di Mumbai Pemboman Kereta Api, 2010 Pemboman Stockholm namun gagal meledak, 2010 Time Square namun gagal meledak juga serta 2013 pemboman Boston Marathon.

Seperti Bom pada umumnya bom Panci ini juga mengandalkan Shockwave/Gelombang Kejut namun ada yang lebih mematikan lagi dibanding gelombang kejut yaitu efek dari serpihan (fragment) bahan logam yang ditambahkan didalamnya (bisa berupa paku, gotri atau yang lainnya). Bom ini memang sengaja dibuat untuk melukai manusia bukan merusak area ledakan oleh karena itu bomb ini biasa digunakan untuk menyasar area terbuka yang banyak berkerumun manusia agar dampak dari fragment ini mengenai banyak manusia.

Gambar menarik dikit :v
---------------------------------------------------------------------------------------




Hoax yang tersebar dari Bom Panci ini adalah pernyataan kepolisian yang mengatakan bahwa radius bom ini adalah 300meter. Kemudian orang orang tak bertanggungjawab muncul dan mengatakan bahwa yang dikatakan polisi mengada ada karena efek dari bom panci bisa menyamai FOAB dan MOAB yang lebih besar bahkan beratnya hingga 8ton. Kemudian hoax ini menjurus bahwa Bom Panci hanya sebuah pengalihan isu. Tata sebenarnya sudah bosan yang seperti ini apa apa pengalihan isu.

Pembahasan :
Kemungkinan besar kepolisian mengatakan bahwa Bom Panci berdaya ledak hingga radius 300meter adalah karena Bom Panci ini serupa dengan Bom Pipa. Bom Pipa sendiri mempunyai area evakuasi minimum 366meter. Jadi pernyataan kepolisian bukan mengada-ada namun berdasar fakta. Bom Pipa ini juga mengandalkan fragment seperti Bom Panci.

Lalu apa benar daya ledak Bom Panci dengan radius 300meter mengalahkan atau setara dengan MOAB(Mother of All Bombs) dan FOAB(Father of All Bombs)? Jelas ini adalah hoax. Dalam beberapa post hoax mengatakan bahwa MOAB ini berdaya ledak dengan radius 150meter dan FOAB radius 300meter. Ini adalah statemen tak berdasar dan mengada-ada. FOAB berdaya ledak besar dengan radius 3000meter. Jelas saja beratnya saja mencapai 8ton, daya ledak ini lebih besar duakali dibanding dengan Bom serupa yaitu MOAB. Jelaskan MOAB ini berdaya ledak dengan radius 1500meter dan FOAB radius 3000meter? Kok bisa kalah dengan Bom Panci yang hanya 300meter? JELASKAN, SIAPA YANG MENGADA ADA?

Sekian semoga bermanfaat.
Referensi sudah tertaut langsung(directlink) jadi mungkin tidak perlu saya tuliskan lagi dibawah :v

Komentar