Cara Instal Geany & Dev C++ IDE Untuk Bahasa C++



Assalamualaikum :v
Geany IDE mungkin jadi salah satu IDE paling banyak digunakan untuk sekolah Pemrograman seperti Tek. Informatika. Yaa.. Walaupun banyak juga yang menggunakan CodeBlock atau Netbeans. Tapi menurut ku tak ada salahnya pakai Geany IDE saja. Karena sebenarnya tidak ada bedanya toh kompilernya sama.
      Biasanya yang membuat pemula pada kebingungan adalah saat menginstal kompiler. Buat yang sangat pemula sekali mungkin hanya akan download Geany IDE dan tidak mengunduh kompilernya. Jadi jelas saja program tidak dapat berjalan dengan sempurna karena tidak ada kompiler yang akan mengolah sekumpulan code menjadi sebuah program. Cara yang dishare ini biasanya sudah langsung bisa jalan namun terkadang harus ada patch manual.
      Ku tambahkan Dev C++, sebetulnya sama aja sih Dev C++ sama Geany kalo menurutku tampilan IDE lebih friendly Geany tapi saat pengoprasian lebih friendly Dev C++ sekali pencet langsung sekalian run. Jadi lebih cepet, tampilan Dev C++ ini lebih simpel dari Geany dan lebih bagusnya lagi sudah includes kompiler TDM GCC sayangnya versinya agak ketinggalan cocok buat yang tak mau ribet. Tapi lebih baik kompilernya diperbaharui ke versi yang lebih baru.





Eksekusi
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Instal Geany atau Dev C++ seperti menginstal aplikasi pada umumnya ikuti saja perintah perintahnya hingga selesai.

2. GTK Runtime untuk Geany atau Dev C++ yang belum bisa kompile, caranya sama cukup instal seperti aplikasi pada umumnya cukup ikuti perintah perintahnya hingga selesai.

3. Instal TDM GCC. Untuk TDM GCC yang berfungsi sebagai kompiler ini sedikit berbeda pertama uncheck nomor 2 wajib jika diinstal secara offline. Namun tidak masalah jika terkoneksi dengan internet. Kemudian baru pilih Create pada nomor 1. Kalau yang instal Dev C++ dan kompilernya pengen versi yang baru instal juga TDM GCC-nya

Instal TDM GCC

4. Coba jalankan untuk compile program sederhana dulu dengan program paling fenomenal yaitu Hello World. Berikut Source Code-nya
Contoh Program Sederhana
1
2
3
4
5
6
#include <iostream>
using namespace std;
main(){
      cout<<"Hello World!";
      return 0;
}

Hasil Kompile


Kalau ada pertanyaan silakan komen atau pesan langsung melalui sosmed yang ada di widget


--------------------------------------------
TERIMAKASIH
---------------------------------------------

Komentar